TUGAS MENYIMPULKAN JURNAL MATEMATIKA & ILMU ALAMIAH DASAR
KESIMPULAN JURNAL
Tahapan Model Dick & Carey Pemilihan model Dick dan Carey didasarkan pada (1) landasan teoritik Dick dan Carey berorientasi pada tujuan, variabel kondisi, dan hasilnya digunakan untuk menetapkan metode pembelajaran yang optimal, (2) dapat digunakan untuk merancang bahan pembelajaran, baik untuk keperluan belajar kelas klasikal maupun kelas individual, berupa bahan ajar, (3) dapat digunakan untuk mengembangkan bahan pembelajaran dalam ranah intelektual, sikap, keterampilan, dan informasi verbal, dan (4) model Dick dan Carey menunjukkan hubungan yang sangat jelas, ringkas, padat, dan tidak terputus antara langkah tahapan yang satu dengan tahapan yang lainnya.
Spesifikasi produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa bahan ajar yang isinya terdapat empat komponen, meliputi Deskripsi Isi, Bahan ajar materi ini berisi materi yang dipelajari pada matakuliah Ilmu Alamiah Dasar yang terdiri atas lima Bab.
Analisis hasil penilaian media pembelajaran terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli media untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 97, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis hasil penilaian desain pembelajaran terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli desain untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 92, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis hasil penilaian ahli materi terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli desain untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 90, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba perseorangan terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 136, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 150.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba kelompok kecil terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 333.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba lapangan terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 1014, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 1125.
Revisi Produk Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pengembang kepada satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, satu orang ahli materi, dua mahasiswa untuk perorangan, lima mahasiswa untuk kelompok kecil, dan 15 mahasiswa untuk lapangan.
Beberapa fungsi bahan ajar tersebut yaitu pedoman bagi dosen yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran serta evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
Pengembangan bahan ajar ini merupakan alternatif pemecahan masalah pada matakuliah Ilmu Alamiah Dasar pada beberapa program studi Ilmu Sosial di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi karena memerlukan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran yang dibutuhkan dalam mempelajari materi dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang menarik, mudah dipahami, dan layak untuk mahasiswa program studi Ilmu Sosial sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan membantu mahasiswa dalam memahami materi karena bahan ajar yang dikembangkan semi modular.
Bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan dapat digunakan mahasiswa program studi Ilmu Sosial lainnya karena bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dimana mahasiswa untuk program ilmu sosial wajib mengikuti matakuliah Ilmu Alamiah Dasar.
Spesifikasi produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa bahan ajar yang isinya terdapat empat komponen, meliputi Deskripsi Isi, Bahan ajar materi ini berisi materi yang dipelajari pada matakuliah Ilmu Alamiah Dasar yang terdiri atas lima Bab.
Analisis hasil penilaian media pembelajaran terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli media untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 97, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis hasil penilaian desain pembelajaran terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli desain untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 92, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis hasil penilaian ahli materi terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar secara keseluruhan menunjukkan jumlah skor jawaban ahli desain untuk aspek yang divalidasi (ΣX) sebesar 90, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 100.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba perseorangan terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 136, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 150.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba kelompok kecil terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 333.
Analisis data hasil penilaian mahasiswa pada uji coba lapangan terhadap produk bahan ajar Ilmu Alamiah dasar yang dikembangkan pada tiap aspek yang dinilai menunjukkan jumlah skor jawaban untuk aspek yang dinilai (ΣX) sebesar 1014, sedangkan jumlah skor keseluruhan aspek yang divalidasi (ΣXi) sebesar 1125.
Revisi Produk Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pengembang kepada satu orang ahli media pembelajaran, satu orang ahli desain pembelajaran, satu orang ahli materi, dua mahasiswa untuk perorangan, lima mahasiswa untuk kelompok kecil, dan 15 mahasiswa untuk lapangan.
Beberapa fungsi bahan ajar tersebut yaitu pedoman bagi dosen yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran serta evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.
Pengembangan bahan ajar ini merupakan alternatif pemecahan masalah pada matakuliah Ilmu Alamiah Dasar pada beberapa program studi Ilmu Sosial di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi karena memerlukan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran yang dibutuhkan dalam mempelajari materi dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang menarik, mudah dipahami, dan layak untuk mahasiswa program studi Ilmu Sosial sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan membantu mahasiswa dalam memahami materi karena bahan ajar yang dikembangkan semi modular.
Bahan ajar Ilmu Alamiah Dasar yang dikembangkan dapat digunakan mahasiswa program studi Ilmu Sosial lainnya karena bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dimana mahasiswa untuk program ilmu sosial wajib mengikuti matakuliah Ilmu Alamiah Dasar.
Komentar
Posting Komentar